Bagaimana Samyang serta Rasa Pedas bakal Kuasai Dunia



Mi instan Samyang mulai popular, terlebih varian rasa spicy chicken. Hati-hati, bahaya pedas dari Korea Selatan telah di depan mata! 



Mulai sejak sekitaran satu tahun paling akhir, ada trend makanan yang mendadak saja menyeruak, terlebih di kelompok vlogger : Samyang Challenge. Tantangannya simpel, cuma makan sebungkus mi instan bermerek Samyang dengan rasa spicy chicken. Remeh. Namun jadi merasa berat lantaran mi asal Korea Selatan ini dapat membakar lidah. Cara membuat samyang pedas sangat mudah dilakukan dan bisa tanpa bantuan orang lain sekalipun.

Samyang tidaklah product baru dalam dunia mi instan. Samyang Food yaitu perusahaan awal yang menghasilkan mi instan di Korea Selatan pada 1963. Varian spicy chicken juga telah ada mulai sejak sekurang-kurangnya tiga th. paling akhir. Tetapi barulah waktu Samyang Food lebih menggiatkan ekspor, varian ini terdengar semakin nyaring di semua dunia. 

Varian Samyang pernah dibahas di situs (blog) The Ramen Rater. Pembuat situs (blog) yaitu Hans Lienesch, seseorang penggila mi instan. Dia mendaku telah pernah mencicipi kian lebih 700 varian mi instan. Mulai sejak 2012, dia teratur bikin daftar mi instan terpedas didunia. Pada th. itu, Samyang belum dicicipi Hans. Tak tahu lantaran belum masuk ke Amerika Serikat, atau memanglah belum di produksi. 

Saat pada akhirnya mencicipi mi ini pada 2013, Hans segera memasukkannya dalam daftar yang dibuatnya. Tidak tanggung-tanggung, segera tempati peringkat ke-2 pada 2014. Lalu turun ke peringkat tiga pada 2015 sampai saat ini. 

" Saya telah lihat lusinan video di Youtube yang memerlihatkan beberapa orang makan Samyang. Mi ini sangat pedas. Mi ramyun pedas ini miliki struktur apik serta bakal selekasnya bikin lidahmu rasakan sengatan pedas, " catat Hans. 

Seberapa pedas Samyang spicy chicken ini? Di bungkus belakang, ada peringatan bila rasa pedas mi ini meraih 4. 404 SHU. 

SHU yaitu singkatan Scoville Heat Units, satu system untuk mengukur kepedasan. Cara ini diperkembang Wilbur Scoville mulai sejak 1912. Sampai saat ini, cara ini masihlah digunakan untuk mengukur tingkat kepedasan cabai atau makanan. Saat ini, cabai terpedas didunia yaitu Carolina Reaper yang diperkembang The PuckerButt Pepper Company. Cabai biadab ini miliki taraf kepedasan sampai 1, 5 juta SHU. Untuk perbandingan, cabai rawit cuma mempunyai rating 50 ribu sampai 225 ribu SHU. 

Jadi bila dibanding, sesungguhnya rasa pedas Samyang hanya sepersepuluh SHU cabai rawit. Namun mi instan ini menggunakan ekstrak cabai yang lebih pedas daripada cabai umum, sudah pasti diberi tambahan beberapa bahan pemedas buatan yang dapat melipat-gandakan rasa pedasnya. 

Dalam industri mi instan, 4. 404 SHU pasti telah sangat pedas. Walaupun masihlah kalah oleh rasa pedas mi instan emart Dare You! Habanero Ramen, juga dari Korea Selatan. Mi instan ini diklaim mempunyai kepedasan 5. 930 SHU. 

Namun rasa pedas tidak menghambat beberapa orang untuk menyikat mi instan ini, terlebih Samyang yang saat ini semakin popular. Bila anda mengetikkan Samyang Challenge di Youtube, ada sekurang-kurangnya 103. 000 hasil yang keluar. Serta pesertanya bukan sekedar dari Indonesia. Bahkan juga di Amerika Serikat, yang orang-orangnya kerap diledek berlidah bayi, banyak juga yang coba tantangan ini. Sudah pasti selesai tak baik. Bahkan juga ada juga yang menangis. 

Rasa pedas pada makanan sesungguhnya yaitu suatu hal yang asing untuk manusia. Bila mengingat pelajaran biologi yang di ajarkan waktu sekolah basic, lidah cuma dapat mengetahui 4 rasa : pahit, asin, asam, serta manis. Lidah tidak dapat mengetahui rasa pedas. 

Menurut Paul Rozin, profesor psikologi di Kampus Pennsylvania yang telah mempelajari rasa pedas mulai sejak 1970, rasa pedas ini yaitu paduan dari sensasi kebahagiaan (pleasure) serta rasa sakit (pain). Dalam susunan otak, dua sensasi ini berlangsung dibagian yang dikatakan sebagai " hedonic hot spots ", ruang yang merespons pelepasan endorfin, reaksi yang tingkatkan rasa bahagia. 

Menurut Rozin, kecintaan pada rasa pedas tidak kian lebih penggabungan dua system pleasure serta pain itu. Mencicipi makanan pedas berisiko serta beresiko, namun bakal bikin lega saat pedas itu perlahan-lahan hilang. Sensasi seperti itu juga sama juga dengan rasa takut saat bakal lakukan aktivitas beresiko, seperti menaiki roller coaster, atau terjun payung. Rasa takut cuma ada dimuka. Sesudah selesai, rasa lega serta bahagia yang datang. 

" Aktivitas masokis dangkal itu, juga tekad untuk mengonsumsi yang pedas, yaitu kekhasan yang cuma berlangsung pada manusia, " kata Rozin pada The Wall Street Journal. 

Rozin tidak salah menyampaikan hal semacam itu. Tidak usah jauh-jauh menengok ke negeri orang. Di Indonesia, orang yang tahan mengonsumsi makanan pedas, bakal dikira hebat. Mereka yang makan Indomie dengan 100 butir cabai bakal mengundang decak mengagumi akan, sekalian keheranan : situ mencari mati? 

Sedang yang tidak kuat makan pedas, bakal diledek seperti bayi. Bila orang Minang atau Manado tidak kuat makan pedas, jadi mereka bakal digojlok sebagai Minang KW3 atau Manado palsu. Tahan rasa pedas dikira sebagai tabah melakukan " siksaan " serta rasa sakit. 

" Jadi mengonsumsi cabai itu dapat jadi adalah bentuk masokisme, satu kesengajaan mencari bahaya, " tutur Rozin.

Related Posts:

0 Response to "Bagaimana Samyang serta Rasa Pedas bakal Kuasai Dunia "

Posting Komentar